ziarah makam Makam Kyai Raden Santri

Category : MADRASATUL QUR'AN AL HASANIYYAH (TAHFIDZIL QUR'AN), MAJLIS TA'LIM RUTIN REBOAN AL HASANIYYAH (KAUM IBU-IBU), PESANTREN TERPADU DIKTERAPAN, WAJAR DIKDAS TINGKAT WUSTHO (PAKET B)
ziarah makam Makam Kyai Raden Santriby adminon.ziarah makam Makam Kyai Raden SantriRaden Santri Dilahirkan Di Pajang dan ketika Kyai Ageng Pemanahan babad alas Mentaok Raden Santri Pun ikut serta dalam Rombongan. Setelah Mataram kokoh sebagai Perdikan. Kanjeng Panembahan Senopati memberikan Gelar pada adiknya dengan nama Pangeran Singosari. Dan bertugas dakwah di utara Mataram sambil menjaga keamanan Mataram dari sebelah utara. Kyai Raden Santri adalah seorang ulama […]

Raden Santri Dilahirkan Di Pajang dan ketika Kyai Ageng Pemanahan babad alas Mentaok Raden Santri Pun ikut serta dalam Rombongan.
Setelah Mataram kokoh sebagai Perdikan. Kanjeng Panembahan Senopati memberikan Gelar pada adiknya dengan nama Pangeran Singosari. Dan bertugas dakwah di utara Mataram sambil menjaga keamanan Mataram dari sebelah utara.

Kyai Raden Santri adalah seorang ulama yang tergolong ulama awal penyebar agama Islam di sekitar gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan deretan pegunungan Menoreh di sepanjang Kali Progo.

Menjelang kerajaan Mataram berdiri, Kyai Raden Santri pernah menjabat sebagai Senopati Perang yang bertugas mengajarkan shalat kepada para prajurit. Saat akan mengajarkan shalat kepada para prajurit, di dusun itu Kyai Raden Santri tidak menemukan air untuk berwudlu’. Kemudian Kyai Raden Santri berdo;a kepada Allah agar diberikan air. Lalu Kyai Raden Santri membuat sendang dengan tongkatnya, dan dengan izin Allah, sendang itupun memancarkan air, bahkan hingga kini sendang tersebut tak pernah berhenti memancarkan air, bahkan di musim kemarau sekalipun. Sendang itu terletak di dusun Kolosendang, desa Ngawen, kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang.

Author: 

Related Posts

Comments are closed.